Sabtu, 10 Desember 2016

MAKANAN KHAS MELAYU INDRAGIRI HILIR


Indragiri Hilir adalah salah satu kabupaten yang terletak di propinsi Riau. Kabupaten ini merupakantanah melayu yang sarat akan budaya, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata bahari, dan tidak ketinggalan kuliner lezatnya. Dari sekian banyak tawaran wisata negeri melayu ini, yuk kita intip jajanandan kulliner khas kabupaten Indragiri Hilir
Banyak wisata kuliner Indragiri Hilir yang berupa jajanan dan makanan lezat khas yang dapat anda nikmati di negeri Indragiri Hilir (Inhil), yaitu bolu berendam, ayam merah, nasi samin, laksa, tapai hijau,amplang udang, dan masih banyak lagi.
Bolu Berendam


Disebut dengan berendam dikarenakan bolu tersebut direbus terlebih dahulu kemudian dihidangkan dalam keadaan basah. Rasanya manis dan digemari semua kalangan mulai dari anak hingga dewasa. Ini yang membedakannya dengan bolu yang ada di Indonesia. Menurut riwayat, Bolu Berendam merupakan penganan kesukaan para raja di Kerajaan Indragiri. Saat ini, penganan tersebut hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti acara pernikahan dan hari raya Idul Ftri dan Idul Adha.

Ayam Merah

Ayam merah adalah masakan khas suku banjar yang dimasak merah. Maksud dimasak merah adalah ayam ini dimasak dengan cabe merah dan lebih banyak saus tomat. Ayam ini menjadi masakan khas dan favorit masyarakat Inhil. Ayam masak merah selalu dihidangkan dalam berbagai acara besar, acara keluarga,hajatan, kenduri dan sebagainya.
Nasi Samin

Nasi samin adalah nasi yang yang ditumis menggunakan minyak samin. Nasi yang telah dikukus ini ditumus bersama dengan rempah-rempah. Rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, buah pala, cengkih dan buah pala menjadikan warna dan aroma yang khas pada nasi ini. Nasi samin ini merupakan masakan khas banjar yang menjadi masakan khas Inhil. Nasi ini bewarna agak kemerahan dan beraroma rempah-rempah karena terdapat rempah-rempah tersebut didalam nasinya.

Laksa

Laksa adalah makanan yang berbentuk seperti mie. Berbeda dengan mie pada umumnya, Laksa bukanlah mie yg berpisah-pisah satu sama lainnya dan dapat dimakan perbatangnya. Laksa merupakan mie yang sudah lengket atau menyatu satu sama lain. Laksa ini memiliki kuah yang sangat lezat sekali. Laksa sebenarnya merupakan masakan khas suku banjar, namun karena suku banjar juga mendominasi di kabupaten ini, maka laksa juga menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Inhil.
Tapai Hijau

Adalah Tapai beras ketan yang berwarna hijau yang hanya akan anda jumpai di daerah Inhil saja. Warna hijau tapai ini yang membuat nya khas adalah berasal dari bubuk daun katuk.

Amplang Udang

Amplang udang merupakan salah satu jajanan khas Inhil yang hanya akan dijumpai di daerah Inhil saja. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar udang, selain digunakan sebagai cemilan juga dapat dimakan sebagai teman makanan anda, karena itulah ia menjadi makanan favorit masyarakat Inhil.

2 komentar:

  1. menarik sekali. saya request tentang kue-kue khas banjar ya mbak. kebetulan saya orang banjar tembilahan.

    BalasHapus
  2. Wahh harus nyobain nih kulinernya. besok sekeluarga mau liburan ke inhil rencana

    BalasHapus